Macam-macam Sablon Kaos

Macam-macam Sablon Kaos – Bosan dengan koleksi kaos polos di dalam lemari? Sobat bisa loh mencoba hal baru dengan dengan menyablon kaos sobat yang polos itu. Berikut adalah macam-macam sablon kaos yang bisa dijadikan pilihan oleh sobat. Yuk kit acari tahu bersama!

Sablon Kaos

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai macam-macam sablon kaos, yuk kita cari tahu terlebih dahulu apa arti dari sablon kaos itu sendiri.  Pasti sebelumnya sobat sudah sering mendengar kata sablon, tapi sobat sudah paham belum nih arti dari sablon itu?

Jadi sablon kaos merupakan teknik mencetak foto, gambar, karikatur, typography dan berbagai hasil desain lainya ke permukaan kaos.

Jadi dalam sebuah proses pembuatan kaos, selain memikirkan bahan apa yang hendak dipakai selanjutnya adalah desain seperti apa yang akan disablon ini. Untuk menghasilkan kaos dengan gambar yang menarik dan unik.

Macam-macam Sablon Kaos

Ada dua jenis macam sablon kaos, yaitu sablon manual vs sablon digital. Berikut penjelasan dari keduanya:

1. Sablon Manual

Sablon manual merupakan teknik sablon yang menggunakan alat yang disebut layar (screen) yang tersedia dalam berbagai bentuk, ketebalan, ukuran, serta jarring tipis dan tebal dari alat yang sesuai degan kebutuhan sobat. Berikut ini adalah contoh dari sablon manual :

a. Sablon Manual Rubber

Sablon ini terkenal sebagai salah satu jenis sablon dengan penggunaan yang paling banyak untuk mencetak gambar atau tulisan, serta harga sablonya yang cukup terjangkau.

b. Sablon Manual Plastisol

Sablon plastisol dikenal lebih baik bila dibandingan dengan sablon Rubber, banyak yang mengakui jika kualitas tinta sablon plastisol durabilitas dari sablonanya tahan lama alias awet.

c. Sablon Manual Glow In The Dark

Sesuai ddengan namanya, kaos yang menggunakan sablon ini jika dipakai bisa menyala ketika berada di ruangan atau tempat-tempat yang gelap. Bahan utamanya adalah fosfor.

2. Sablon Digital

Digital sablon merupakan proses sablon yang terutama dilakukan oleh computer dan printer, di mana fungsinya kurang lebih hanya operator dari dua perangkat dan beberapa fungsi lainya. Berikut beberapa contoh dari sablon digital, di antaranya adalah :

a. Sablon Kaos Polyflex

Bahan sablon polyflex ini mirip dengan stiker, jadi nantinya sablon ini akan di press langsung pada kaos sobat dengan menggunakan alat khusus. Bahan sablon pada kaos ini biasanya sering digunakan pada jersey olahraga, jaket, dan kaos. Kelebihan dari sablonn polyflex antara lain tintanya yang lebih awet, keakuratan sablon ini juga sangat tinggi dan rapi.

b. Sablon DTG

Sablon DTG (Direct to garment) merupakan teknik sablon yang mencetak gambar secara langsung pada kaos atau media cetak lainya. Sablon ini  termasuk salah satu sablon modern karena dalam prosesnya menggunakan alat cetak digital dan canggih. Yaitu tinta khusus DTG di cetak kek kain secara langsung oleh mesin khusus, sehingga resolusinya sangat tinggi dan tajam

c. Sablon DTF

Printer DTF atau Direct to Film merupakan teknik sablon digital yang menggunakan printer untuk alat mencetak gambar full color sesuai yang di edit di computer lalu diaplikasikan di kain dengan cara di press di mesin press kaos dengan suhu tertentu.

Kelebihan sablon dengan menggunakan teknik DTF yaitu mempunyai ketahanan yang baik, jenis sablon ini anti retak dan elastis. Untuk memesan kaos DTF dengan custom desainmu, Sobat bisa langsung mengunjugi custom sablon DTF JS Konveksi.

Penutup

Nah jadi itu dia penjelasan mengenai macam-macam sablon kaos, gimana nih sobat sudah ada pilihan menyablon kaos polos dengan jenis apa belum? 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *