Sablon Kaos DTF

Sablon Kaos DTF – Di zaman yang serba modern saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat di semua sektor. Sama halnya di dunia per sablonan, saat ini sablon semakin bervariasi dan semakin bagus kualitasnya. Pada artikel ini admin akan membahas salah satu sablon yang berkualitas, yaitu sablon DTF. Yuk kita cari tahu bersama seputar sablon kaos DTF.

Sablon Kaos DTF

Apakah sobat tahu apa itu sablon DTF? Atau bahkan sobat sudah menggunakan kaos yang disablon dengan menggunakan DTF tetapi sobat semua belum menyadarinya?

Jadi sablon DTF atau Direct Transfer Film merupakan teknik atau metode sablon yang menggunakan tinta khusus DTF (Black, Cyan, Magenta, Yellow, White) yang harus di cetak diatas kertas Film DTF dan dibantu oleh lem powder atau bubuk lem sebagai perekat untuk mentransfer gambar ke permukaan kaos.

Perlu sobat ketahui juga bahwasanya metode DTF ini juga tidak hanya digunakan untuk sablon kaos biasa saja, tetapi bisa juga diterapkan ke media lain asalkan media tersebut tahan panas. Seperti misalnya kaos cotton combed, kaos cotton bamboo, hoodie atau sweater.

Kelebihan Sablon DTF

Banyak sekali kelebihan yang didapatkan bagi sobat yang menggunakan sablon DTF, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Proses Penyablonan yang Cepat

Dengan menggunakan metode DTF, proses penyablonanya sangat cepat. Bisa sobat bayangkan saja, untuk membuat satu buah sablonan, sobat hanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit. Tentu dengan kecepatan seperti ini, produksi sablon menggunakan metode DTF akan semakin massif. Ribuan lembar kaos sablonan akan diperoleh dalam waktu sehari saja.

2. Dapat Menggunakan Percetakan Full Color

Penggunaan teknik DTF cenderung dapat menggunakan full collor. Hal ini di dukung oleh keberadadan mesin print yang memuat beberapa warna tinta sekaligus. Sehingga proses penyablonan bisa menggunakan warna yang sangat banyak.

3. Hasil Sablon Lembut dan Awet

Hasil dari sablon kaos DTF terkenal lembut dan sangat lentur sehingga dapat membuat nyaman penggunanya. Selain itu sablonanya juga sangat awet, karena sablon dengan metode DTF cenderung tidak mengalami pengelupasan yang cepat.

Kekurangan Sablon DTF

Sebagai pertimbangan bagi sobat yang hendak menggunakan sablon DTF, perlu di pahami juga kekurangan dari sablon DTF. Di antaranya adalah :

  1. Sablon dengan metode DTF akan mengerut jika menyetrikanya secara langsung
  2. Beberapa jenis kainn kurang cocok untuk dicetakk DTF
  3. Terjadi migrasi warn ajika cetakan tinta putih tidak pekat
  4. Sablon tidak bisa dihapus jika terjadi salah cetak
  5. Harga mesin dan perawatanya yang mahal

Proses Sablon DTF

Berikut ini adalah gambaran dari proses sablon DTF :

  1. Pertama, buat desain digital dengan format PNG atau TIFF di komputer, atur tata letaknya di software cetak DTF
  2. Masukan kertas film ke dalam printer sesuai ukuran yang dibutuhkan
  3. Mulai pencetakan daro software tadi
  4. Setelah cetakan selesai, tinta putih di film harus ditaburi bubuk lem sebagai perekat
  5. Next, lelehkan bubuk lem. Gunakan hotgun atau masukan ke dalam oven. Barulah desain siap di transfer ke kain
  6. Letakan kain di mesin heat press. Sebelumnya, lapisi film dengan kain Teflon. Panaskan di suhu 165 derajat celcius kurang lebih 10 10 detik.
  7. Buka press, kelupas kertas film dan ulangi proses press kaos sekali lagi tanpa film dengan cara yang sama untuk finishing.

Bagaimana sobat setelah mengetahui kelebihan dan proses dari sablon DTF itu sendiri, apakah semakin minat untuk menyablon kaos DTF? JS Konveksi siap melayani pesanan custom sablon DTF baik satuan maupun lusinan, dengan alamat rumah produksi di Desa Gumelar Kidul RT 09/01, Kec. Tambak, Kab. Banyumas.

Baca juga : Mengapa memilih Sablon di JS Konveksi?

Penutup

Nah jadi itu dia pembahasan seputar sablon kaos DTF dari admin, semoga artikel ini bisa menambah wawasan untuk sobat semua khususnya mengenai sablon DTF 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *